INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE

 Tujuan Pembelajaran:

1)      Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office ( pengolahan kata, angka dan presentasi).

2)      Membuat Table of Content, Embed, dan Mail Merge.

 3)      Membuat grafik dengan menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel.

4)     Memakai fitur lanjut aplikasi office untuk membuat Hyperlink di Ms. Power Point kke Ms. Word.



A. Apa itu Integrasi?                                                                                          

Tujuan utama dari sistem informasi:

- Memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat.

Data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya,

Atau

Output suatu sistem menjadi inpot bagi sitem lainnya.


 B. Definisi Integrasi:

    Saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari suatu system secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih system yang lain.

Integrasi dibagi menjadi 2:

>     Integrasi Data

>     Integrasi Sistem (Integrated System)

    Integrasi data adalah proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukkung manajeman informasi derta mendukung pengolahan date menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna.

    Integrasi sistem adalah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa system komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.

'C. Manfaat Integrasi:

 1)     Satu Sumber Utama.

    Sistem integrase memungkinkan seluruh data berada pada satu sistem dan selalu diperbaharui, tanpa peduli divisi atay subsistem mana yang melakukan pembaruan.

 2)     Database Tertata Rapih

          Selain menghemat waktu dan menekan biaya oprasional, database yang rapih akan membuat suatu perusahaan lebih unggul dari perusahaan lainnya, karena perusahaan yang memiliki integrase yang baik akan mendapat data / informasi yang dibutuhkan lebih cepat daripada perusahaan saingannya.

           3)     User Interface yang Lebih Konsisten.

          Dengan menggunakan single platform yang mengintegrasikan seluruh sistem perusahaan maka kita dapat memastikan kalau setiap computer yang terhubung memiliki user interface yang sama.

D. Cara Mengintegrasikan Aplikasi:

1)     Pemanggilan Prosedur/function

    Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekasnisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.

2)     Messaging

    Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.

 3)     Sharing Database

    Pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data.

4)    File Transfer.

    Adalah mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. Demikian juga        dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.

E. Integrasi Pada Aplikasi Ms. Office:

 a)      Ms. Word

    Aplikasi pengolahan kata.

b)      Ms. Exel

    Pengolah data berupa perhitungan angka maupun grafik.

c)      Ms. Power Point

    Berfungsi sebagai media presentasi.

F. Contoh Integrasi Pada Aplikasi Ms. Office:

1)     Membuat Table of Content pada Ms. Word.

2)     Linkig dan Embed pada aplikasi Ms. Office.

3)     Membuat surat massal pada Ms. Word dengan mengguakan database yang ada pada Ms. Exel atau Ms. Access.

4)     Membuat Grafik Pada Aplikasi Ms. Office.



    Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=haAODD7gbMg

Comments

Popular posts from this blog

TIPE DATA dalam pemrograman

BUDAYA KERJA PADA KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI