Masyrakat Digital : Cara Menumbuhkan Budaya Kerjasama yang Baik dalam Tim

 Halo Horizontikalis!

    Di era masyarakat digital ini tampknya penting sekali ya untuk menjaga tim agar mampu bekerja sama dengan baik. Tentunya, jika kerja sama dalam tim atau Teamwork berjalan dengan baik,  tujuan tim akan semakin mudah untuk dicapai ya.

    berikut ini aku akan kasih tau ke kalian, Bagaimana Cara Menumbuhkan Budaya Kerjasama yang Baik dalam Tim, simak baik-baik ya, Hoizontikalis!

Pertama,

Kenali Masalah Jika Teamwork Tidak Terbangun dengan Baik

    Jika dalam suatu organisasi, instansi, atau kelompok tidak mempunyai teamwork yang baik maka banyak sekali masalah yang akan timbul. Angota dalam tim tersebut bisa berpotensi untuk menyimpang dalam tim, keluar dari tim, atau memiliki kepetingan sendiri dan lebih fokus pada kepentingannya sendiri daripada kepentingan tim. tentunya hal ini akan mengganggu produktifitas tim dan tujuan dalam tim tidak akan tercapai.

Selanjutnya,

Kenali ciri teamwork yang tidak baik

    Dikutip dari hrpods.co.id berikut 5 ciri teamwork yang tidak baik:


1. Komunikasi buruk


    Komunikasi menjadi kunci dalam membangun kerja tim yang baik, dan komunikasi yang buruk dapat menyebabkan ketidakjelasan mengenai tujuan dan peran, memperlambat kemajuan, dan menciptakan konflik di dalam tim.


2. Kurangnya rasa percaya

    

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge, disimpulkan bahwa kepercayaan adalah fondasi kunci untuk berbagi informasi, yang pada gilirannya menjadi landasan keberhasilan suatu perusahaan.


3. Menghindari perubahan


    Tim yang menolak perubahan dan ide-ide baru akan mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan baru dan mungkin akan kehilangan kesempatan untuk berkembang. Penolakan ini sering kali berkorelasi dengan kurangnya kepercayaan tim terhadap kepemimpinan dan keputusan yang diambil.


4. Berkompetisi, bukan berkolaborasi


    Kerja tim yang kurang baik juga dapat menyebabkan anggota tim lebih berfokus pada keberhasilan individu daripada keberhasilan tim, yang akan mengakibatkan kurangnya kolaborasi dan penurunan produktivitas.


5. Leadership buruk


    Untuk membangun teamwork yang baik di lingkungan kerja, tim Anda memerlukan petunjuk dan kepemimpinan yang jelas. Jika hal ini kurang dalam tim Anda, maka dapat mengakibatkan kebingungan dan kekurangan fokus di kalangan karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan.


lalu ini dia 10 tips jitu membangun budaya teamwork yang baik dikutip dari hrpods.co.id


Tips Membangun Budaya Teamwork yang Baik


    Agar perusahaan Anda mencapai keberhasilan dalam membangun teamwork yang baik, maka Anda perlu memerhatikan sepuluh tips berikut ini.

  1. Menetapkan tujuan dan merayakan pencapaian tim.
  2. Menciptakan visi yang sejalan dalam mencapai tujuan perusahaan
  3. Memastikan setiap anggota tim memiliki peran yang jelas dalam pencapaian tujuan perusahaan
  4. Memberikan fleksibilitas kepada karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan
  5. Mendorong keragaman dan menghargai perbedaan di antara tim
  6. Menyediakan waktu untuk melakukan aktivitas membangun tim, seperti bermain games
  7. Membangun kebiasaan komunikasi yang baik antara manajer dan karyawan
  8. Mengembangkan lingkungan kerja yang penuh dengan kepercayaan
  9. Memberikan kesempatan kepada anggota tim untuk memberikan yang terbaik
  10. Melakukan diskusi secara terbuka tentang masalah yang sedang dihadapi oleh anggota tim
    
itu dia cara menumbuhkan budaya kerjasama yang baik dalam tim semogabermanfaat untuk membangun kerjasama di dalam tim kalian ya Horizontikalis!


Comments

Popular posts from this blog

TIPE DATA dalam pemrograman

BUDAYA KERJA PADA KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI

INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE